Mengurus ijin penangkal petir
Apa saja syarat utama untuk mengurus ijin penangkal petir yang benar
Berikut adalah persyaratan untuk mengurus izin penangkal petir:
Surat permohonan izin penangkal petir yang ditujukan kepada Kepala Disnaker setempat.
Fotokopi KTP dan NPWP pemohon.
Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atau surat keterangan lain yang menyatakan bahwa bangunan tersebut sudah selesai dibangun.
Gambar instalasi penangkal petir.
Laporan hasil pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir oleh lembaga atau perusahaan yang terakreditasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan.
Prosedur
Berikut adalah prosedur untuk mengurus izin penangkal petir:
1.Pemohon mengisi formulir permohonan izin penangkal petir yang tersedia di kantor Disnaker setempat.
2.Pemohon menyerahkan berkas persyaratan yang lengkap ke loket pelayanan Disnaker setempat.
3.Petugas Disnaker akan memeriksa kelengkapan berkas persyaratan.
4.Jika berkas persyaratan lengkap, maka petugas Disnaker akan menerbitkan surat permohonan pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir.
5.Pemohon menyerahkan surat permohonan pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir kepada lembaga atau perusahaan yang terakreditasi oleh Kementerian Ketenagakerjaan.
6.Lembaga atau perusahaan yang terakreditasi akan melakukan pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir.
7.Jika instalasi penangkal petir dinyatakan memenuhi standar keamanan, maka lembaga atau perusahaan yang terakreditasi akan menerbitkan laporan hasil pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir.
8.Pemohon menyerahkan laporan hasil pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir ke Disnaker setempat.
9.Disnaker akan menerbitkan izin penangkal petir.
Biaya
Biaya untuk mengurus izin penangkal petir ditetapkan oleh masing-masing daerah. Umumnya, biaya tersebut terdiri dari biaya penerbitan surat permohonan pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir, biaya pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir, dan biaya penerbitan izin penangkal petir.
Waktu Penyelesaian
Waktu penyelesaian izin penangkal petir biasanya sekitar 14 hari kerja.
Tips
Berikut adalah beberapa tips untuk mengurus izin penangkal petir:
Siapkan berkas persyaratan dengan lengkap dan benar.
Hubungi lembaga atau perusahaan yang terakreditasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai jasa pemeriksaan dan pengesahan instalasi penangkal petir.
Pantau proses penerbitan izin penangkal petir.
Jika Anda berencana untuk memasang penangkal petir atau sistem penangkal petir lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional atau ahli penangkal petir untuk mendapatkan saran dan penanganan yang tepat. Untuk itu anda bisa berkonsultasi dengan tenaga ahli jasa penangkal petir dari PT. Megah Alam Semesta di no wa 087885299300 dengan biaya gratis dan dijamin memuaskan serta akan mendapat harga instalasi penangkal petir terbaik dan termurah.